Total Tayangan Halaman

Sabtu, 21 Maret 2015

CARA MEMBUAT MESIN ABSEN SIDIK JARI MENGGUNAKAN ARDUINO UNO R3

CARA MEMBUAT MESIN ABSEN SIDIK JARI MENGGUNAKAN ARDUINO UNO R3

 MESIN ABSEN FINGER PRINT MENGGUNAKAN ARDUINO

Amankan project Arduino Anda dengan biometrics. Produk ini merupakan sensor sidik jari optikal, yang dapat mendeteksi sidik jadi dengan verifikasi yang sangat sederhana. Module sensor ini bekerja dengan otak utama berupa chip DSP yang melakukan image rendering, kemudian mengkalkulasi, feature-finding dan terakhir searching pada data yang sudah ada.
Output sensor ini berupa TTL serial, yang memungkinkan dapat dihubungkan dengan Arduino maupun mikrokontroler lainnya. Produk ini mampu menyimpan data hingga 162 sidik jari pada FLASH memory internalnya. Produk ini dilengkapi dengan LED merah pada lensa yang akan menyala sebagai indikator ketika pengambilan gambar berlangsung.
Sebelum module sensor ini dapat digunakan, Anda terlebih dahulu harus memasukkan data sidik jari. Jika data sudah masuk, maka Anda dapat melakukan pencarian pada sketch Arduino Anda. Untuk memasukkan data sidik jari dapat dilakukan melalui software (berbasis OS Windows), ataupun menggunakan sketch Arduino.
Memasukkan Data Sidik Jari Menggunakan Software di OS Windows
Hubungkan sensor dengan Serial Converter pada Arduino. Kemudian tulis dan upload sketch kosong berikut :
// Sketch ini untuk memby pass chip Atmega
// hubungkan fingerprint sensor dengan USB/Serial
// chip converter.

// Merah dihbungkan ke +5V
// Hitam dihubungkan ke Ground
// Putih dihubungkan ke  digital 0
// Hijau dihubugkan ke digital 1

void setup() {}
void loop() {














Jalankan software SFGDemo kemudian click Open Device yang ada di bagian kiri bawah. Kemudian pilih COM port Arduino yang Anda gunakan pada komputer.

Tekan OK. Anda akan mendapati pesan “Open Device Success!” ketika Anda berhasil menghubungkan software, Arduino, dan sensor sidik jari tersebut.

Untuk memasukkan data sidik jari, pilih Preview, dan tekan Enroll (Con Enroll / “Continuous Enroll” berarti Anda hendak memasukkan data sidik jari yang lain). Akan muncul windows  untuk memasukkan ID sidik jari yang akan Anda masukkan.

Lalu software akan meminta Anda untuk meletakkan sidik jari pada optikal sensor tersebut


Berikut salah satu contoh screenshootnya.


Anda memerlukan pengulangan proses, untuk mendapatkan hasil yang jelas. Ingat, Anda harus menggunakan jari yang sama. Jika berhasil, maka software akan mengeluarkan pesan “Success to enroll!”


Pencarian dengan SoftwareJika data sidik jari sudah masuk, Anda dapat melakukan pencarian. Click “Search”. Letakkan jari yang akan dideteksi, jika berhasil, maka software akan memberitahu ID sidik jari tersebut.
Jika tidak ada data sidik jari tersebut, software akan memberitahu Anda pesan berkut :


Good Luck ! 0_0

5 komentar:

  1. gan ini bisa buat brpa sidik jari

    BalasHapus
  2. saya bermaksud membuat penelitian yang menggunakan sidik jari, apakah bisa mas edy surya?

    BalasHapus
  3. Saya punya program realtime tarik data absensi dengan fitur adms/cloud pada mesin. Kelebihannya adalah bisa dipasang di shared hosting maupun vps. Tidak membutuhkan soap dan scheduler (cron job) untuk tariknya, jadi bener2 realtime. Program saya memanfaatkan fitur ADMS/CLoud pada mesin absensinya seperti layaknya vendor-vendor mesin yang menyewakan cloud absensi dengan koneksi mesin ke server2 mereka. Program saya dari PHP dan MYSQL. Kelebihannya adalah bisa tarik realtime, upload sidik jari dari satu mesin ke mesin lainnya, upload user dan privilage user, hapus sidik jari, hapus transaksi, reboot, tarik informasi mesin dan lain2. Berminat?? hub 0813 48021 778 (WA)

    BalasHapus
  4. Kalo absen sidik jari di hp android dengan fitur finger scan bawaan trus bisa konek ke mesin absen kantor gimana caranya gan??

    BalasHapus
  5. Cara setting absen in dan outnya bagaimana y?

    BalasHapus